{إِنَّ
الَّذِينَ كَذَّبُوا بِآيَاتِنَا وَاسْتَكْبَرُوا عَنْهَا لَا تُفَتَّحُ لَهُمْ
أَبْوَابُ السَّمَاءِ وَلا يَدْخُلُونَ الْجَنَّةَ حَتَّى يَلِجَ الْجَمَلُ فِي
سَمِّ الْخِيَاطِ وَكَذَلِكَ نَجْزِي الْمُجْرِمِينَ (40) لَهُمْ مِنْ جَهَنَّمَ
مِهَادٌ وَمِنْ فَوْقِهِمْ غَوَاشٍ وَكَذَلِكَ نَجْزِي الظَّالِمِينَ (41)
}
Sesungguhnya orang-orang yang mendustakan
ayat-ayat Kami dan menyombongkan diri terhadapnya sekali-kali tidak akan
dibukakan bagi mereka pintu-pintu langit dan tidak (pula) mereka masuk surga
hingga unta masuk ke lubang jarum. Demikianlah Kami memberi pembalasan kepada
orang-orang yang berbuat kejahatan. Mereka mempunyai tikar tidur dari api neraka
dan di atas mereka ada selimut (api
neraka). Demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang
zalim.Firman Allah Swt.:
{لَا
تُفَتَّحُ لَهُمْ أَبْوَابُ السَّمَاءِ}
sekali-kali tidak akan dibukakan bagi mereka pintu-pintu langit.
(Al-A'raf: 40)Menurut suatu pendapat, makna yang dimaksud ialah tiada suatu amal saleh pun dan tiada suatu doa pun bagi mereka yang dinaikkan ke langit (yakni tidak diterima). Demikianlah menurut Mujahid dan Sa'id ibnu Jubair, dan menurut apa yang diriwayatkan oleh Al-Aufi dan Ali ibnu Abu Talhah, dari Ibnu Abbas. Hal yang sama dikatakan oleh riwayat As-Sauri, dari Lais, dari Ata, dari Ibnu Abbas.
Menurut pendapat yang lain, makna yang dimaksud ialah tidak dibukakan pintu-pintu langit bagi arwah mereka. Demikianlah menurut riwayat Ad-Dahhak, dari Ibnu Abbas; juga dikatakan oleh As-Saddi serta lain-lainnya yang bukan hanya seorang.
Pendapat ini diperkuat oleh apa yang diriwayatkan oleh Ibnu Jarir. Yaitu:
حَدَّثَنَا
أَبُو كُرَيْب، حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ عَيَّاشٍ، عَنِ الْأَعْمَشِ، عَنْ
المِنْهَال -هُوَ ابْنُ عَمْرٍو -عَنْ زَاذَانَ، عَنِ الْبَرَاءِ؛ أَنَّ رَسُولَ
اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ذَكَرَ قَبْض رُوحِ الْفَاجِرِ،
وَأَنَّهُ يُصْعَد بِهَا إِلَى السَّمَاءِ، قَالَ: "فَيَصْعَدُونَ بِهَا، فَلَا
تَمُرُّ عَلَى مَلَأٍ مِنَ الْمَلَائِكَةِ إِلَّا قَالُوا: مَا هَذِهِ الرُّوحُ
الْخَبِيثَةُ؟ فَيَقُولُونَ: فَلَانٌ، بِأَقْبَحِ أَسْمَائِهِ الَّتِي كَانَ
يُدْعَى بِهَا فِي الدُّنْيَا، حَتَّى يَنْتَهُوا بِهَا إِلَى السَّمَاءِ،
فَيَسْتَفْتِحُونَ بَابَهَا لَهُ فَلَا يُفْتَحُ لَهُ". ثُمَّ قَرَأَ رَسُولُ
اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: {لَا تُفَتَّحُ لَهُمْ أَبْوَابُ
السَّمَاءِ [وَلا يَدْخُلُونَ الْجَنَّةَ حَتَّى يَلِجَ الْجَمَلُ فِي سَمِّ
الْخِيَاطِ] } الْآيَةَ.
telah menceritakan kepada kami Abu Kuraib. telah menceritakan kepada kami Abu
Bakar ibnu Ayyasy, dari Al-A'masy, dari Al-Minhal (yaitu Ibnu Amr), dari Zazan,
dari Al-Barra, bahwa Rasulullah Saw. pernah menceritakan perihal pencabutan
nyawa orang yang ahli maksiat. Lalu rohnya dibawa naik ke langit, dan mereka
(para malaikat) yang membawanya tidak sekali-kali melewati segolongan malaikat,
melainkan mereka yang dijumpai mengatakan, "Siapakah yang rohnya seburuk itu?"
Maka para malaikat yang membawanya menjawab, "Rohnya si Jahat anu," dengan
menyebut nama julukannya yang paling buruk ketika di dunia. Setelah mereka
sampai di pintu langit dengan roh tersebut, mereka minta izin untuk dibukakan
pintu bagi roh itu. Tetapi ternyata roh itu tidak diizinkan masuk, pintu langit
tidak dibukakan untuknya. Kemudian Rasulullah Saw. membacakan firman-Nya:
sekali-kali tidak akan dibukakan bagi mereka pintu-pintu langit.
(Al-A'raf: 40), hingga akhir ayat.Demikianlah menurut riwayat Ibnu Jarir; dan hadis ini merupakan sebagian dari hadis aslinya yang cukup panjang, diriwayatkan oleh Imam Abu Daud, Imam Nasai, dan Imam Ibnu Majah melalui berbagai jalur dari Al-Minhal ibnu Amr dengan sanad yang sama.
Imam Ahmad meriwayatkan hadis ini secara panjang lebar. Untuk itu ia mengatakan:
حَدَّثَنَا
أَبُو مُعَاوِيَةَ، حَدَّثَنَا الْأَعْمَشُ عَنْ مِنْهَال بْنِ عَمْرٍو، عَنْ
زَاذَانَ، عَنِ الْبَرَاءِ بْنِ عَازِبٍ [رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ] قَالَ: خَرَجْنَا
مَعَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي جِنَازَةِ رَجُلٍ مِنَ
الْأَنْصَارِ، فَانْتَهَيْنَا إِلَى الْقَبْرِ ولَمَّا يُلْحَد. فَجَلَسَ رَسُولُ
اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَجَلَسْنَا حَوْلَهُ كَأَنَّ عَلَى
رُءُوسِنَا الطَّيْرَ، وَفِي يَدِهِ عُودٌ يَنْكُتُ بِهِ فِي الْأَرْضِ، فَرَفَعَ
رَأْسَهُ فَقَالَ: "اسْتَعِيذُوا بِاللَّهِ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ". مَرَّتَيْنِ
أَوْ ثَلَاثًا ثُمَّ قَالَ: "إِنَّ الْعَبْدَ الْمُؤْمِنَ إِذَا كَانَ فِي
انْقِطَاعٍ مِنَ الدُّنْيَا، وَإِقْبَالٍ إِلَى الْآخِرَةِ نَزَلَ إِلَيْهِ
مَلَائِكَةٌ مِنَ السَّمَاءِ بِيضُ الْوُجُوهِ، كَأَنَّ وُجُوهَهُمُ الشَّمْسُ،
مَعَهُمْ كَفَنٌ مِنْ أَكْفَانِ الْجَنَّةِ، وحَنُوط مِنْ حَنُوط الْجَنَّةِ،
حَتَّى يَجْلِسُوا مِنْهُ مَدَّ بَصَرِهِ. ثُمَّ يَجِيءُ مَلَكُ الْمَوْتِ، حَتَّى
يَجْلِسَ عِنْدَ رَأْسِهِ فَيَقُولُ: أَيَّتُهَا النَّفْسُ الطَّيِّبَةُ اخْرُجِي
إِلَى مَغْفِرَةٍ مِنَ اللَّهِ وَرِضْوَانٍ".
قَالَ:
"فَتَخْرُجُ تَسِيلُ كَمَا تَسِيلُ الْقَطْرَةُ مِنْ فِي السِّقَاءِ، فَيَأْخُذُهَا
فَإِذَا أَخَذَهَا لَمْ يَدَعوها فِي يَدِهِ طَرْفَةَ عَيْنٍ، حَتَّى يَأْخُذُوهَا
فَيَجْعَلُوهَا فِي ذَلِكَ الْكَفَنِ، وَفِي ذَلِكَ الْحَنُوطِ. وَيَخْرُجَ مِنْهَا
كَأَطْيَبِ نَفْحَةِ مِسْكٍ وُجِدَتْ عَلَى وَجْهِ الْأَرْضِ. فَيَصْعَدُونَ بِهَا
فَلَا يَمُرُّونَ -يَعْنِي-بِهَا عَلَى مَلَأٍ مِنَ الْمَلَائِكَةِ إِلَّا قَالُوا:
مَا هَذَا الرُّوحُ الطَّيِّبُ؟ فَيَقُولُونَ: فَلَانٌ بن فُلَانٍ، بِأَحْسَنِ
أَسْمَائِهِ الَّتِي كَانُوا يُسَمُّونَهُ بِهَا فِي الدُّنْيَا، حَتَّى يَنْتَهُوا
بِهِ إِلَى السَّمَاءِ الدُّنْيَا، فَيَسْتَفْتِحُونَ لَهُ، فَيُفْتَحُ لَهُ،
فَيُشَيِّعُهُ مِنْ كُلِّ سَمَاءٍ مُقَرَّبُوهَا إِلَى السَّمَاءِ الَّتِي
تَلِيهَا، حَتَّى يَنْتَهِيَ بِهَا إِلَى السَّمَاءِ السَّابِعَةِ، فَيَقُولُ
اللَّهُ، عَزَّ وَجَلَّ: اكْتُبُوا كِتَابَ عَبْدِي فِي عِليِّين، وَأَعِيدُوهُ
إِلَى الْأَرْضِ، فَإِنِّي مِنْهَا خَلَقْتُهُمْ، وَفِيهَا أُعِيدُهُمْ وَمِنْهَا
أخرجهم تارة أخرى".
قَالَ:
"فَتُعَادُ رُوحُهُ، فَيَأْتِيهِ مَلَكان فَيُجْلِسَانِهِ فَيَقُولَانِ لَهُ: مَنْ
رَبُّكَ؟ فَيَقُولُ: رَبِّيَ اللَّهُ. فَيَقُولَانِ لَهُ مَا دِينُكَ؟ فَيَقُولُ:
دِينِي الْإِسْلَامُ. فَيَقُولَانِ لَهُ: مَا هَذَا الرَّجُلُ الَّذِي بُعِثَ
فِيكُمْ؟ فَيَقُولُ: هُوَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ.
فَيَقُولَانِ لَهُ: وَمَا عِلْمُكَ؟ فَيَقُولُ: قَرَأْتُ كِتَابَ اللَّهِ فَآمَنْتُ
بِهِ وَصَدَّقْتُ. فَيُنَادِي مُنَادٍ مِنَ السَّمَاءِ: أَنْ صَدَقَ عَبْدِي،
فَأَفْرِشُوهُ مِنَ الْجَنَّةِ، وَأَلْبِسُوهُ مِنَ الْجَنَّةِ، وَافْتَحُوا لَهُ
بَابًا إِلَى الْجَنَّةِ". "فَيَأْتِيهِ مِنْ رَوْحِهَا وَطِيبِهَا، وَيُفْسَحُ
لَهُ فِي قَبْرِهِ مَدّ بَصَرِهِ".
قَالَ:
"وَيَأْتِيهِ رَجُلٌ حَسَنُ الْوَجْهِ، حَسَنُ الثِّيَابِ، طَيِّبُ الرِّيحِ،
فَيَقُولُ: أَبْشِرْ بِالَّذِي يسُرك، هَذَا يَوْمُكَ الَّذِي كُنْتَ تُوعَدُ.
فَيَقُولُ لَهُ: مَنْ أَنْتَ؟ فَوَجْهُكَ الْوَجْهُ يَجِيءُ بِالْخَيْرِ.
فَيَقُولُ: أَنَا عَمَلُكَ الصَّالِحُ. فَيَقُولُ: رَبِّ أَقِمِ السَّاعَةَ، رَبِّ
أَقِمِ السَّاعَةَ، حَتَّى أَرْجِعَ إِلَى أَهْلِي وَمَالِي".
قَالَ:
"وَإِنَّ الْعَبْدَ الْكَافِرَ، إِذَا كَانَ فِي انْقِطَاعٍ مِنَ الدُّنْيَا
وَإِقْبَالٍ مِنَ الْآخِرَةِ نَزَلَ إِلَيْهِ مِنَ السَّمَاءِ مَلَائِكَةٌ سُودُ
الْوُجُوهِ مَعَهُمُ الْمُسُوحُ، فَيَجْلِسُونَ مِنْهُ مَدّ الْبَصَرِ، ثُمَّ
يَجِيءُ مَلَكُ الْمَوْتِ حَتَّى يَجْلِسَ عِنْدَ رَأْسِهِ، فَيَقُولُ: أَيَّتُهَا
النَّفْسُ الْخَبِيثَةُ، اخْرُجِي إِلَى سُخْطِ اللَّهِ وَغَضَبٍ". قَالَ:
"فَتُفَرّق فِي جَسَدِهِ، فَيَنْتَزِعُهَا كَمَا يُنْتَزَعُ السَّفُّود مِنَ
الصُّوفِ الْمَبْلُولِ، فَيَأْخُذُهَا، فَإِذَا أَخَذَهَا لَمْ يَدَعُوها فِي
يَدِهِ طَرْفَةَ عَيْنٍ حَتَّى يَجْعَلُوهَا فِي تِلْكَ الْمُسُوحِ، وَيَخْرُجَ
مِنْهَا كَأَنْتَنِ رِيحِ جِيفَةٍ وُجِدَتْ عَلَى وَجْهِ الْأَرْضِ. فَيَصْعَدُونَ
بِهَا، فَلَا يَمُرُّونَ بِهَا عَلَى مَلَأٍ مِنَ الْمَلَائِكَةِ إِلَّا قَالُوا:
مَا هَذَا الرُّوحُ الْخَبِيثُ؟ فَيَقُولُونَ: فَلَانٌ ابْنُ فُلَانٍ، بِأَقْبَحِ
أَسْمَائِهِ الَّتِي كَانَ يُسَمَّى بِهَا فِي الدُّنْيَا، حَتَّى يَنْتَهِيَ بِهِ
إِلَى السَّمَاءِ الدُّنْيَا، فَيَسْتَفْتِحَ لَهُ، فَلَا يُفْتَحَ ثُمَّ قَرَأَ
رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: {لَا تُفَتَّحُ لَهُمْ
أَبْوَابُ السَّمَاءِ وَلا يَدْخُلُونَ الْجَنَّةَ حَتَّى يَلِجَ الْجَمَلُ فِي
سَمِّ الْخِيَاطِ} فَيَقُولَ اللَّهُ، عَزَّ وَجَلَّ: اكْتُبُوا كِتَابَهُ فِي
سِجِّينٍ فِي الْأَرْضِ السُّفْلَى. فَتُطْرَحَ رُوحُهُ طَرْحًا". ثُمَّ قَرَأَ:
{وَمَنْ يُشْرِكْ بِاللَّهِ فَكَأَنَّمَا خَرَّ مِنَ السَّمَاءِ فَتَخْطَفُهُ
الطَّيْرُ أَوْ تَهْوِي بِهِ الرِّيحُ فِي مَكَانٍ سَحِيقٍ}
[الْحَجِّ:31] "فَتُعَادُ
رُوحُهُ فِي جَسَدِهِ. وَيَأْتِيهِ مَلَكَانِ فَيُجْلِسَانِهِ فَيَقُولَانِ لَهُ:
مَنْ رَبُّكَ؟ فَيَقُولُ: هَاهْ هَاهْ! لَا أَدْرِي. فَيَقُولَانِ مَا دِينُكَ؟
فَيَقُولُ: هَاهْ هَاهْ! لَا أَدْرِي فَيَقُولَانِ مَا هَذَا الرَّجُلُ الَّذِي
بُعِثَ فِيكُمْ؟ فَيَقُولُ: هَاهْ هَاهْ! لَا أَدْرِي. فَيُنَادِي مُنَادٍ مِنَ
السَّمَاءِ: أَنْ كَذَبَ، فَأَفْرِشُوهُ مِنَ النَّارِ، وَافْتَحُوا لَهُ بَابًا
إِلَى النَّارِ. فَيَأْتِيهِ مِنْ حَرّها وَسُمُومِهَا، ويُضيق عَلَيْهِ قَبْرُهُ
حَتَّى تَخْتَلِفَ فِيهِ أَضْلَاعُهُ، وَيَأْتِيهِ رَجُلٌ قَبِيحُ الْوَجْهِ،
قَبِيحُ الثِّيَابِ، مُنْتِنُ الرِّيحِ، فَيَقُولُ: أَبْشِرْ بِالَّذِي يَسُوؤُكَ؛
هَذَا يَوْمُكَ الَّذِي كُنْتَ تُوعَدُ فَيَقُولُ: مَنْ أَنْتَ؟ فَوَجْهُكَ
الْوَجْهُ يَجِيءُ بِالشَّرِّ. فَيَقُولُ: أَنَا عَمَلُكَ الْخَبِيثُ. فَيَقُولُ:
رَبِّ لَا تقم الساعة"
telah menceritakan kepada kami Abu Mu'awiyah, telah menceritakan kepada kami
Al-A'masy, dari Al-Minhal ibnu Amr, dari Zazan, dari Al-Barra ibnu Azib yang
mengatakan: Kami berangkat bersama Rasulullah Saw. untuk mengantarkan jenazah
seorang lelaki dari kalangan Ansar. Ketika kami sampai di kuburan dan jenazah
sudah dilianglahadkan, maka Rasulullah Saw. duduk; kami pun duduk pula di
sekitarnya seakan-akan di atas kepala kami ada burung, sedangkan di tangan
Rasulullah Saw. terdapat setangkai kayu yang ia ketuk-ketukkan ke tanah. Lalu
beliau Saw. mengangkat kepalanya dan bersabda: Mohon perlindunganlah kalian
kepada Allah dari azab kubur! Ucapan ini dikatakannya sebanyak tiga kali,
kemudian beliau Saw. bersabda: Sesungguhnya seorang hamba yang mukmin apabila
ajalnya di dunia sudah habis dan akan menghadap ke akhirat, maka turunlah
kepadanya para malaikat yang semua wajahnya putih seakan-akan seperti matahari.
Mereka turun dengan membawa kain kafan dari surga dan wewangian pengawet jenazah
dari surga, hingga mereka semua duduk di dekatnya sampai sejauh mata memandang.
Kemudian datanglah malaikat maut dan duduk di dekat kepalanya, lalu malaikat
maut berkata, "Hai jiwa yang tenang, keluarlah menuju kepada ampunan dan rida
Allah!" Nabi Saw. melanjutkan sabdanya: Maka keluarlah rohnya, mengucur
sebagaimana mengucurnya tetesan air dari mulut (lubang) wadah penyiram.
Kemudian malaikat maut memegangnya; dan apabila malaikat maut telah memegangnya,
maka tidak dibiarkan pada tangannya barang sekejap pun. melainkan ia langsung
mencabutnya, mengafankan, serta mewangikannya dengan kafan dan wewangian yang
dibawanya Sedangkan dari roh itu tercium bau wewangian minyak kesturi yang
paling harum di muka bumi. Lalu mereka membawanya naik ke langit. Maka tidak
sekali-kali mereka yang membawanya melewati sejumlah malaikat, melainkan mereka
bertanya, "Siapakah roh yang harum ini?” Mereka menjawab, "Si Fulan, " yakni
dengan menyebutkan nama terbaiknya yang biasa dipakai untuk memanggilnya ketika
di dunia Hingga sampailah mereka ke langit yang paling rendah, lalu mereka
memintakan izin masuk untuknya, dan pintu langit dibukakan untuknya. Maka ia
diiringi oleh semua malaikat penghuni setiap lapis langit untuk mengantarkannya
sampai kepada lapis langit yang lainnya, hingga sampai kepada langit yang
ketujuh. Maka Allah Swt. berfirman, "Catatkanlah di dalam kitab {catatan
amal) hamba-Ku ini bahwa dia termasuk orang-orang yang menghuni surga yang
tinggi; dan kembalikanlah ia ke bumi, karena sesungguhnya Aku telah menciptakan
mereka dari tanah, dan kepadanya Aku kembalikan mereka, serta darinya Aku
keluarkan mereka di kesempatan yang lain.” Nabi Saw. melanjutkan sabdanya:
Maka rohnya dikembalikan, lalu datanglah kepadanya dua malaikat, dan kedua
malaikat itu mempersilakannya duduk. Keduanya bertanya kepadanya.”Siapakah
Tuhanmu?” Maka ia menjawab, "Tuhanku adalah Allah.” Keduanya menanyainya lagi,
"Apakah agamamu?” Ia menjawab, "Agamaku Islam.” Keduanya bertanya kepadanya,
"Siapakah lelaki ini yang diutus di antara kalian?” Ia menjawab, "Dia adalah
utusan Allah." Kedua malaikat bertanya lagi kepadanya, "Apakah amal
perbuatanmu?” Ia menjawab, "Saya membaca Kitabullah, maka saya beriman dan
membenarkannya.” Maka ada suara yang menyerukan dari langit, "Benarlah apa yang
dikatakan oleh hamba-Ku. Maka hamparkanlah baginya hamparan dari surga, berilah
ia pakaian dari surga, dan bukakanlah baginya suatu pintu yang menghubungkan ke
surga.” Maka kesegaran dan wewangian dari surga datang kepadanya serta
dilapangkan baginya kuburnya hingga sejauh mata memandang. Nabi Saw.
melanjutkan kisahnya: Dan datanglah kepadanya seorang lelaki yang berwajah
tampan, berpakaian indah lagi harum baunya, lalu lelaki itu berkata,
"Bergembiralah engkau dengan berita yang akan membuatmu bahagia. Inilah hari
yang pernah dijanjikan kepadamu.” Ia bertanya kepada lelaki itu.”Siapakah engkau
ini? Penampilanmu merupakan penampilan orang yang membawa kebaikan.”Lelaki itu
menjawab, "Saya adalah amal salehmu.” Maka ia berkata.”Ya Tuhanku, segerakanlah
kiamat. Ya Tuhanku, segerakanlah kiamat agar aku dapat berkumpul kembali dengan
keluarga dan harta bendaku.” Nabi Saw. melanjutkan kisahnya: Sesungguhnya
seorang hamba yang kafir apabila ajalnya sudah habis di dunia ini dan hendak
menghadap ke alam akhirat, maka turunlah kepadanya para malaikat yang berwajah
hitam dengan membawa karung, lalu mereka duduk sejauh mata memandang darinya.
Kemudian datanglah malaikat maut yang langsung duduk di dekat kepalanya. Lalu
malaikat maut berkata, "Hai jiwa yang jahat, keluarlah engkau menuju kepada
kemurkaan dan marah Allah" Nabi Saw. melanjutkan kisahnya: Maka rohnya
bercerai-berai keseluruh tubuhnya (bersembunyi), kemudian malaikat maut
mencabutnya sebagaimana seseorang mencabut besi pemanggang daging dari kain wol
yang basah (mencabut kain kerudung dari dahan yang beronak duri, pent.).
Malaikat maut mencabut rohnya; dan apabila ia telah mencabutnya, maka mereka
tidak membiarkan roh itu berada di tangan malaikat maut barang sekejap pun,
melainkan langsung mereka masukkan ke dalam karung tersebut, dan tercium darinya
bau bangkai yang paling busuk di muka bumi ini. Kemudian mereka membawanya naik,
dan tidak sekali-kali mereka yang membawanya bersua dengan segolongan malaikat,
melainkan mereka mengatakan, "Siapakah yang memiliki roh yang buruk ini?” Mereka
menjawab, "Si Fulan bin Fulan, " dengan menyebut nama panggilan terburuknya
ketika di dunia, hingga sampailah roh itu ke langit yang paling bawah. Kemudian
dimintakan izin untuk naik, tetapi pintu langit tidak dibukakan untuknya.
Kemudian Rasulullah Saw. membacakan firman-Nya: sekali-kali tidak akan
dibukakan bagi mereka pintu-pintu langit dan tidak (pula) mereka masuk
surga, hingga unta masuk ke lubang jarum. (Al-A'raf: 40) Maka Allah Swt.
berfirman, "Catatkanlah pada kitab catatan amalnya bahwa dia dimasukkan ke dalam
Sijjin bagian bumi yang paling dasar!" Lalu rohnya dicampakkan dengan kasar
(ke tempat tersebut). Kemudian Rasulullah Saw. membacakan firman-Nya: Dan
barang siapa mempersekutukan Allah dengan sesuatu, maka adalah ia seolah-olah
jatuh dari langit, lalu disambar oleh burung, atau diterbangkan angin ke tempat
yang jauh. (Al-Hajj: 31) Maka dikembalikanlah rohnya ke dalam jasadnya
dan datang kepadanya dua malaikat yang langsung mendudukkannya. Kedua malaikat
itu bertanya kepadanya, "Siapakah Tuhanmu?” Ia hanya mengatakan, "Ha, ha, tidak
tahu.” Keduanya bertanya kepadanya, "Apakah agamamu?” Ia menjawab, "Ha, ha,
tidak tahu." Kedua malaikat bertanya kepadanya, "Siapakah lelaki yang diutus di
kalangan kalian ini?” Ia menjawab, "Ha, ha, tidak tahu.” Maka terdengarlah suara
dari langit menyerukan, "Hamba-Ku telah berdusta, maka hamparkanlah untuknya
hamparan dari neraka, dan bukakanlah baginya sebuah pintu yang menuju ke
neraka." Lalu panas neraka dan anginnya yang membakar datang kepadanya, serta
kuburan tempat tinggalnya disempitkan sehingga tulang-tulang iganya berantakan.
Kemudian datanglah seorang lelaki yang buruk rupanya, buruk pakaiannya lagi
busuk baunya seraya berkata, "Rasakanlah apa yang akan membuatmu tersiksa. Hari
ini adalah hari yang pernah dijanjikan kepadamu.” Maka ia bertanya, "Siapakah
kamu? Penampilanmu merupakan penampilan orang yang membawa kejahatan.” Lelaki
itu menjawab, "Saya adalah amal burukmu.” Maka ia berkata, "Ya Tuhan, janganlah
Engkau jadikan hari kiamat."Imam Ahmad mengatakan pula, telah menceritakan kepada kami Abdur Razzaq, telah menceritakan kepada kami Ma'mar, dari Yunus ibnu Khabbab, dari Al-Minhal ibnu Amr, dari Zazan, dari Al-Barra ibnu Azib yang menceritakan: Kami berangkat bersama Rasulullah Saw. untuk menjenguk jenazah seseorang. Kemudian di dalam hadis ini disebutkan hal yang semisal dengan hadis di atas.
Tetapi di dalam hadis ini disebutkan bahwa:
"حَتَّى
إِذَا خَرَجَ رُوحُهُ صَلَّى عَلَيْهِ كل ملك من السَّمَاءِ وَالْأَرْضِ، وَكُلُّ
مَلَكٍ فِي السَّمَاءِ، وَفُتِحَتْ لَهُ أَبْوَابُ السَّمَاءِ، لَيْسَ مِنْ أَهْلِ
بَابٍ إِلَّا وَهُمْ يَدْعُونَ اللَّهَ، عَزَّ وَجَلَّ، أَنْ يَعْرُجَ بِرُوحِهِ
مَنْ قِبَلِهِمْ". وَفِي
آخِرِهِ: "ثُمَّ يُقَيَّضُ لَهُ أَعْمَى أَصَمُّ أَبْكَمُ، فِي يَدِهِ مَرْزَبَّة
لَوْ ضُرِبَ بِهَا جَبَلٌ كَانَ تُرَابًا، فَيَضْرِبُهُ ضَرْبَةً فَيَصِيرُ
تُرَابًا، ثُمَّ يُعِيدُهُ اللَّهُ، عَزَّ وَجَلَّ، كَمَا كَانَ، فَيَضْرِبُهُ
ضَرْبَةً أُخْرَى فَيَصِيحُ صَيْحَةً يَسْمَعُهَا كُلُّ شَيْءٍ إِلَّا
الثَّقَلَيْنِ". قَالَ الْبَرَاءُ: "ثُمَّ يُفْتَحُ لَهُ بَابٌ مِنَ النَّارِ،
وَيُمَهَّدُ لَهُ فَرْشٌ مِنَ النَّارِ"
apabila rohnya keluar (dari tubuhnya), maka semua malaikat yang terdapat
di antara langit dan bumi memohonkan rahmat baginya, begitu pula semua malaikat
yang di langit (berikutnya). Dan dibukakan baginya semua pintu langit. Tiada
suatu penghuni pintu (langit) pun, melainkan mendoakan agar Allah Swt. menaikkan
rohnya ke langit berikutnya. Di bagian akhir dari hadis ini disebutkan
bahwa: kemudian ditugaskan kepadanya malaikat yang tidak mau melihat, tidak
mau mendengar, dan tidak mau berbicara (malaikat yang sangat bengis), sedangkan
di tangannya terdapat sebuah cemeti; seandainya cemeti itu dipukulkan ke sebuah
gunung, niscaya gunungnya akan menjadi debu. Kemudian malaikat itu memukulnya
sekali pukul, sehingga jadilah ia debu. Lalu Allah menghidupkannya kembali
seperti semula, kemudian malaikat itu memukulnya lagi, maka menjeritlah ia
dengan jeritan yang dapat didengar oleh segala sesuatu kecuali jin dan manusia.
Al-Barra ibnu Azib melanjutkan kisahnya, bahwa kemudian dibukakan baginya
sebuah pintu dari neraka dan digelarkan baginya hamparan dari api
neraka.Di dalam hadis yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad, Imam Nasai, Imam Ibnu Majah, dan Ibnu Jarir —yang lafaz hadis berikut menurut apa yang ada pada Ibnu Jarir— disebutkan melalui hadis Muhammad ibnu Amr ibnu Ata, dari Sa'id ibnu Yasar, dari Abu Hurairah, bahwa Rasulullah Saw. pernah bersabda:
"الْمَيِّتُ
تَحْضُرُهُ الْمَلَائِكَةُ، فَإِذَا كَانَ الرَّجُلُ الصَّالِحُ قَالُوا: اخْرُجِي
أَيَّتُهَا النَّفْسُ الْمُطْمَئِنَّةُ كَانَتْ فِي الْجَسَدِ الطَّيِّبِ، اخْرُجِي
حَمِيدة، وَأَبْشِرِي برَوْح وَرَيْحَانٍ، وَرَبٍّ غَيْرِ غَضْبَانَ، فَيَقُولُونَ
ذَلِكَ حَتَّى يُعْرج بِهَا إِلَى السَّمَاءِ، فَيُسْتَفْتَحُ لَهَا، فَيَقُولُونَ:
مَنْ هَذَا؟ فَيَقُولُونَ: فَلَانٌ. فَيُقَالُ: مَرْحَبًا بِالنَّفْسِ الطَّيِّبَةِ
الَّتِي كَانَتْ فِي الْجَسَدِ الطَّيِّبِ، ادْخُلِي حَمِيدَةً، وَأَبْشِرِي برَوْح
وَرَيْحَانٍ، وَرَبٍّ غَيْرِ غَضْبَانَ، فَيُقَالُ لَهَا ذَلِكَ حَتَّى يُنْتَهَى
بِهِ إِلَى السَّمَاءِ الَّتِي فِيهَا اللَّهُ، عَزَّ وَجَلَّ. وَإِذَا كَانَ
الرَّجُلُ السَّوْء قَالُوا: اخْرُجِي أَيَّتُهَا النَّفْسُ الْخَبِيثَةُ كَانَتْ
فِي الْجَسَدِ الْخَبِيثِ، اخْرُجِي ذَمِيمَةً، وَأَبْشِرِي بِحَمِيمٍ وغَسّاق،
وَآخَرَ مِنْ شَكْلِهِ أَزْوَاجٌ، فَيَقُولُونَ ذَلِكَ حَتَّى تَخْرُجَ، ثُمَّ
يُعْرَجُ بِهَا إِلَى السَّمَاءِ فَيُسْتَفْتَحُ لَهَا، فَيُقَالُ: مَنْ هَذَا؟
فَيَقُولُونَ: فَلَانٌ. فَيَقُولُونَ: لَا مَرْحَبًا بِالنَّفْسِ الْخَبِيثَةِ
الَّتِي كَانَتْ فِي الْجَسَدِ الْخَبِيثِ، ارْجِعِي ذَمِيمَةً، فَإِنَّهُ لَمْ
تُفْتَحْ لَكِ أَبْوَابُ السَّمَاءِ، فَتُرْسَلُ بَيْنَ السَّمَاءِ وَالْأَرْضِ،
فَتَصِيرُ إِلَى الْقَبْرِ"
Mayat selalu dihadiri oleh para malaikat. Apabila mayat itu adalah seorang
lelaki yang saleh, maka mereka berkata, "Keluarlah wahai jiwa yang tenang, yang
berada di dalam jasad yang baik. Keluarlah engkau dalam keadaan terpuji dan
bergembiralah engkau dengan peristirahatan, wewangian, dan Tuhan yang tidak
murka.” Para malaikat selalu mengucapkan demikian hingga rohnya diangkat naik ke
langit. Kemudian dimintakan izin naik baginya, maka ditanyakan, "Siapakah orang
ini?” Mereka (para malaikat yang mengantarnya) mengatakan, "Si Fulan."
Maka dijawab, "Selamat datang dengan jiwa yang baik yang dahulu berada di dalam
tubuh yang baik. Masuklah engkau dalam keadaan terpuji, dan bergembiralah dengan
tempat peristirahatan, wewangian, dan Tuhan yang tidak murka.” Dan dikatakan hal
tersebut hingga sampai ke langit yang padanya ada Allah Swt. Apabila lelaki itu
orang yang jahat, maka mereka (para malaikat) mengatakan, "Keluarlah hai
jiwa yang buruk yang berasal dari tubuh yang buruk. Keluarlah engkau dalam
keadaan tercela dan rasakanlah air panas yang mendidih dan air yang sangat
dingin serta azab yang lain yang serupa itu berbagai macam." Ucapan itu
dikatakan kepadanya terus-menerus hingga keluar (dari tubuhnya), kemudian
dibawa naik ke langit. Lalu dimintakan izin masuk untuknya, dan ditanyakan,
"Siapakah orang ini?” Mereka menjawab, "Si Fulan." Mereka berkata, "Tidak ada
ucapan selamat datang bagi jiwa yang buruk yang berasal dari tubuh yang buruk,
kembalilah engkau dalam keadaan tercela. Karena sesungguhnya tidak akan
dibukakan untukmu semua pintu langit." Kemudian rohnya dilepaskan di antara
langit dan bumi, dan pada akhirnya kembali ke kubur(nya).Ibnu Juraij mengatakan sehubungan dengan makna firman-Nya: sekali-kali tidak akan dibukakan bagi mereka pintu-pintu langit. (Al-A'raf: 40) Yakni tidak akan dibukakan bagi amal-amal mereka, tidak pula bagi arwah mereka. Pendapat ini menggabungkan pengertian di antara dua pendapat.
*******************
Firman Allah Swt.:
{وَلا
يَدْخُلُونَ الْجَنَّةَ حَتَّى يَلِجَ الْجَمَلُ فِي سَمِّ
الْخِيَاطِ}
Dan tidak (pula) mereka masuk surga, hingga unta masuk ke lubang
jarum. (Al-A'raf: 40)Demikianlah menurut qiraat jumhur ulama, dan mereka menafsirkannya bahwa yang dimaksud dengan al-jamal ialah unta.
Ibnu Mas'ud mengatakan bahwa yang dimaksud dengan al-jamal ialah anak unta. Menurut riwayat yang lain yaitu unta jantan.
Al-Hasan Al-Basri mengatakan bahwa makna yang dimaksud ialah hingga unta masuk ke lubang jarum (yakni mustahil). Hal yang sama dikatakan oleh Abul Aliyah dan Ad-Dahhak. Hal yang sama telah diriwayatkan oleh Ali ibnu Abu Talhah dan Al-Aufi, dari Ibnu Abbas.
Mujahid dan Ikrimah telah meriwayatkan dari Ibnu Abbas, bahwa Ibnu Abbas membacanya dengan bacaan berikut: Al-jummalu, yang artinya tambang yang kasar masuk ke dalam lubang jarum. Inilah yang dipilih oleh Sa'id ibnu Jubair. Di dalam riwayat yang lain disebutkan bahwa Ibnu Abbas membacanya hatta yalijal jamalu, yakni tambang penambat perahu (tambang yang kuat, besar, lagi kasar).
*******************
Firman Allah Swt.:
لَهُمْ
مِنْ جَهَنَّمَ مِهَادٌ
Mereka mempunyai tikar tidur dari api neraka. (Al-A'raf: 41) Menurut Muhammad ibnu Ka'b Al-Qurazi, makna firman-Nya: Mereka mempunyai tikar tidur dari api neraka. (Al-A'raf: 41) Yakni tikar atau hamparan. dan di atas mereka ada selimut (api neraka). (Al-A'raf: 41) Mihad, selimut.
Hal yang sama dikatakan oleh Ad-Dahhak ibnu Muzahim dan As-Saddi.
{وَكَذَلِكَ
نَجْزِي الظَّالِمِينَ}
Demikianlah Kami memberi pembalasan kepada orang-orang yang berbuat
kejahatan. (Al-A'raf: 41)
Sangat bermanfaat
BalasHapus